Halaman

Kamis, 15 Agustus 2024

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

 


Materi            : Teknik Promosi Buku

Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd.

Moderator     : Dyah Kusumaningrum, ST.


Salam dan bahagia.

Pertemuan hari ini adalah penyampaian materi terakhir dari kelas belajar menulis di KBMN PGRI 31. Menurut saya, materi terakhir yang disampaikan narasumber sangatlah sesuai dengan kebutuhan pamungkas dari para penulis yang mimpi akhirnya adalah berhasil memiliki buku karyanya sendiri. Namun bagi para penulis yang memang ingin memasarkan buku karyanya kepada khalayak umum atau para pembaca, maka sangat dibutuhkan pengetahuan untuk memasarkannya.

Narasumber pada pertemuan ini yaitu bapak Akbar Zainuddin, MM., MNE. memberikan teknik jitu untuk mempromosikan dan memasarkan buku karya kita dengan mudah dan murah. Narasumber didampingi oleh ibu Dyah Kusumaningrum, ST. yang berperan sebagai moderator.

Bapak Akbar Zainuddin, MM., MNE. merupakan seorang penulis buku Best Seller. Salah satu buku best seller yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2009 berjudul Man Jadda Wajada. Pada saat ini buku tersebut sudah cetakan ke-13 dan berhasil terjual sebayak 55.000 eksemplar. Berikut adalah beberapa buku karya beliau.

Sampai saat ini beliau telah menulis 16 buku Solo dan dalam 3 tahun terakhir membimbing penulis-penulis pemula untuk menuliskan buku Solo mereka, serta sudah membimbing sekitar 12 orang yang sudah menerbitkan buku Solo ber ISBN dan sekitar 20 buku antologi tulisan dari para guru seluruh Indonesia. 

Narasumber saat ini berprofesi selain menjadi penulis adalah trainer dan motivator siswa, guru, mahasiswa, dan juga untuk para pekerja dan eksekutif di kantor. 

Berikut adalah beberapa hal penting yang narasumber sampaikan.

KRITERIA BUKU YANG BAGUS:
  • Buku itu mempunyai keunikan atau kalau bisa keunggulan dibandingkan dengan buku sejenis. Penulis harus bisa menjawab pertanyaan: 
"Apa perbedaan buku ini dengan buku sejenis yang sudah ada di pasaran?"
"Sebutkan 10 alasan mengapa orang harus membeli buku anda". 
Kalau dua hal di atas bisa dijawab dengan jelas itu tanda-tanda bahwa buku kita berkualitas.
  • Kedua, Buku ditulis dengan target pembaca yang jelas. Sebelum menulis tentukan dahulu siapa audiens yang akan membaca buku kita.
  • Ketiga, ditulis dengan bahasa sesuai dengan target pembaca. Ada buku-buku yang ditulis dengan bahasa ngepop, bahasa ilmiah, dan sebagainya. 
PROMOSI BUKU

Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli. 

PROMOSI BUKU ITU PENTING

Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita. 

TUJUAN PROMOSI BUKU

  1. Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.
  2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh. 
  3. Meyakinkan konsumen untuk membeli buku. 
  4. Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.

TUJUH PROGRAM PROMOSI BUKU

Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan. 

  • PERTAMA, LAUNCHING BUKU. 

Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku bsa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku. 

Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku, kita bisa memanfaatkannya. Kita hanya mempromosikan acaranya dan informasi tempat pelaksanaanya di toko buku Gramedia. 

Sekarang ini program launching buku semakin mudah. Dengan adanya Media Sosial, kita bisa melakukan program launching buku ini bahkan dari rumah. Bisa melalui FB, IG, ataupun Youtube. Kita dapat membuat program LAUNCHING BUKU, live di FB, IG, atau Youtube. Dapat juga mengundang kawan-kawan kita untuk diajak berpartisipasi. Launching buku kalau perlu terjadwal setiap bulan. 

  • KEDUA, BEDAH BUKU. 
  • Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya. 

    • KETIGA, SEMINAR ATAU PELATIHAN

    Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita. Kalau saya bukunya motivasi dan menulis. Maka saya secara berkala menyelenggarakan seminar dan diklat terkait motivasi dan menulis. 

    • KEEMPAT, MEMBANGUN KOMUNITAS

    Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. 

    • KELIMA, MEMBANGUN JARINGAN RESELLER

    Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.

    Dewa Eka Prayoga, berhasil menjual 10.000 buku hanya dalam waktu 2 minggu melalui reseller ini. Tentu resellernya saja puluhan ribu, berbagai produk. Kalau kita sudah punya jaringan reseller, akan memudahkan kita menjual buku. 

    • KEENAM, JUALAN DI MARKETPLACE

    Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.  

    • KETUJUH, MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Medsos) untuk promosi buku.

    Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. 

    Jadi, pada dasarnya kita ini memengaruhi orang agar mereka mau menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Dan memang, membaca akan banyak membuka wawasan, pengetahuan, dan pilihan dalam mengambil keputusan. 

    Dengan bersama-sama membangun kebutuhan akan membaca, maka akan memudahkan kita dalam proses menjual buku.

    Demikian materi yang diberikan oleh narasumber pada pertemuan ke-30 ini. Semoga semua ilmu yang telah dibagikan cuma-cuma oleh beliau ini dapat menambah wawasan sebagai penulis pemula dan menggerakkan kita untuk mulai menulis. 

    (Sumber: Materi Narasumber, bapak Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. dalam Kelas Belajar Menulis KBMN PGRI Gelombang 31)

    Terima kasih.

    Nancy Olivia, M.Pd

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

      Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...