Halaman

Jumat, 26 April 2024

Resume -1 Kelas Menulis KBMN PGRI Gelombang 31 (Senin,22 April 2024)

 

RESUME MATERI 1 
Oleh : Nancy Olivia, M.Pd







Materi            : Menulis Setiap Hari

Narasumber   : Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd

Moderator     : Bapak Mulyadi



Salam dan bahagia.

Senang rasanya dapat bergabung di Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI. Akhirnya mendapat kesempatan belajar menulis yang ternyata Om Jay (Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd) merupakan foundernya. Lebih istimewa lagi, Om Jay pemateri yang mementori langsung pertemuan perdana ini bersama Bapak Mulyadi (Kepala sekolah SMK di Tolitoli Sulawesi Tengah) sebagai moderator.

Resume yang saya tulis ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan pada setiap akhir pertemuan, dan ini adalah resume pertama saya. Walaupun terlambat saya upload, akhirnya saya beranikan diri untuk mempostingnya setelah melalui berbagai pergumulan yang salah satunya adalah kepercayaan diri saya. Semoga para mentor KBMN PGRI Gelombang 31 dan teman-teman pemburu ilmu menulis memaklumi keterlambatan ini. Amin.

Pada pertemuan perdana ini, Om Jay memberikan materi "Menulis Setiap Hari" yang disampaikan di group Whatsup kelas menulis. Moderator membuka sesi pertemuan dengan sapaan hangat yang begitu ramah dan akrab, dilanjutkan dengan menyampaikan Susunan Acara, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Penyajian materi
  3. Tanya Jawab
  4. Penutup

Om Jay membuka materi dengan menyampaikan bahwa bagi beliau, menulis adalah kebutuhan  karena merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan untuk dilakukannya setiap hari. Beliau menyampaikan, mulailah menulis dari tiga alinea, yaitu :

  • Alinea pembukaan
  • Alinea isi tulisan
  • Alinea penutupan

Ketiga langkah tersebut digunakan untuk dapat mengamalkan mantera Om Jay, "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi". Berikut adalah contoh-contoh yang diberikan beliau untuk ketiga alinea tersebut:

Contoh alinea pembukaan,

"Alhamdulilah, malam ini kita bisa bertemu dengan kawan-kawan dari Aceh hingga Papua. Kita belajar menulis lewat aplikasi di whatsup group Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombang 31."

Contoh alinea isi tulisan

"Om Jay menjadikan menulis dan membaca sebagai kebutuhan, Sama halnya dengan makan dan minum. Bila tak membaca Om Jay terasa haus dan bila tak menulis Om Jay terasa lapar."

Untuk berbagai contoh alinea isi tulisan, Om Jay memberikan link blog yang dikelola beliau yaitu di blog keroyokan https://kompasnia.com/wijayalabs . Disampaikan bahwa semua tulisan pada halaman artikel beliau merupakan tulisan-tulisan sederhana yaitu berbagi ilmu dan pengalaman menulisnya setiap hari.

Contoh alinea penutupan

"Demikianlah sedikit kisah Om Jay dalam menulis setiap hari. Om Jay bersedekah setiap hari lewat tulisan. Alhamdulillah banyak yang membaca. Om Jay pun mendapatkan pahala dari Allah SWT. Pesan Om Jay, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi."

 Tips teknis penulisan lainnya yang dibagikan Om Jay berikut ini juga penting diingat khususnya bagi para penulis pemula seperti saya, diantaranya :

  1. latihan menulis setiap hari, gunakan blog pribadi sebagai alat rekam ajaib.
  2. Jaga konsistensi dan pegang komitmen diri untuk menulis setiap hari.
  3. Membaca dan tinggalkan jejak dalam kolom komentar tulisan orang lain.
  4. Saling mendukung dengan melakukan blog walking atau saling mengunjungi blog orang lain.

Om jay juga menambahkan, gunakan rumus 5w plus 1h (rumus menulis reportase sederhana) untuk mengembangkan isi tulisan pada alinea isi penulisan agar kita tidak akan pernah kehilangan ide dalam menulis.

Rumus menulis reportase sederhana, 5w plus 1h :

  • what (apa),
  • Who (siapa),
  • when (kapan),
  • where (di mana),
  • why (mengapa), dan
  • how (bagaimana)

Sehingga, kerangka tulisan sederhana versi Om Jay dapat dituliskan sebagai berikut :

1. Judul

2. Pembukaan

3. Isi tulisan 

  • apa
  • siapa
  • kapan
  • di mana
  • mengapa
  • bagaimana

4. Penutup

Demikianlah materi pertemuan pertama yang disampaikan Om Jay. Dalam penutupnya, beliau memberikan beberapa pesan yang dapat saya simpulkan, sebagai berikut:

  • Jika kita ingin menjadi penulis, jadilah pembaca yang baik dengan rajin membaca tulisan orang lain setiap hari dan menulislah setiap hari. 
  • Jadikan kegiatan menulis dan membaca menjadi sebuah kebutuhan penting di mana keduanya harus terpenuhi dan tidak dapat dipisahkan ibarat pasangan kekasih Romeo dan Juliet atau juga ibarat kebutuhan dasar kita sebagai manusia yaitu makan dan minum.
Sungguh materi luarbiasa yang disampaikan dengan sederhana dan mudah untuk dipahami serta sangat memotivasi. Semoga tulisan saya ini dapat dibaca sebagai salah satu bentuk usaha memulai menerapkan isi materi yang telah Om Jay sampaikan. Walaupun tulisan ini masih jauh dari sempurna, semoga pada tulisan resume yang berikutnya dan seterusnya, keterampilan menulis saya dapat terus menerus mengalami meningkatan menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi para pembaca yang memberi dampak positif yaitu memotivasi dan menginspirasi untuk "Mari, Mulai Menulis".

Terima kasih.

Nancy Olivia, M.Pd


9 komentar:

  1. Membantu banget materinya 👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, kakak.... hayu dong temen2nya diajak mampir...

      Hapus
  2. Menulis dan membaca adalah suatu hal terlihat sepele. Namun ketika mencoba dan menerapkan terasa sangat sulit, letih, capek dan tidak ada ide-ide yang akan diterapkan dalam tulisan yang ingin kita muat. Namun dengan materi atau resume yang tercantum mambantu kita untuk melatih secara singjatdan supaya tidak terlalu banyak alasan sehingga saat cocok dengan menulis setiap maka tidak akan terasa. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you so much, mr.Wira.... please kasih umpan balik untuk resume2 lainnya ya...

      Hapus
  3. Menulislah setiap hari dan lihat apa yang akan terjadi

    BalasHapus

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

  Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...