Halaman

Sabtu, 20 Juli 2024

Resume-22 Membuat Cover Buku yang Menarik (Senin, 8 Juli 2024-KBMN31)

 


Materi            : Membuat Cover Buku yang Menarik

Narasumber   : Fajar Tri Laksono, M.Pd

Moderator     : Helwiyah, S.Pd, MM.


Salam dan bahagia.

Teringat saat masih duduk di sekola dasar, berkunjung ke perpustakaan sekolah merupakan saat yang paling menyenangkan bagi saya dan teman-teman. Saat itu kami memilih buku yang akan kami baca adalah karena cover halaman depan buku yang menarik. Jarang sekali kami membaca judul buku lalu tertarik membacanya. Ya, itu hanya kebiasaan saya dan teman-teman saat itu. tentunya setiap orang berbeda--beda pengalaman ketertarikannya. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut berubah, saya lebih memilih buku berdasarkan ketertarikan dari judul-judul buku. Dan belakangan ini, keduanya menjadi daya tarik bagi saya, baik judul maupun cover buku yang akan saya pilih untuk saya baca.

Pertemuan ke-22 KBMN ini akan membahas tentang "Membuat Cover Buku yang Menarik" dengan narasumber yaitu bapak Fajar Tri Laksono, M.Pd. dan dimoderatori oleh ibu Helwiyah, S.Pd., MM. Karena pertemuan ini berlangsung menggunakan Zoom Meet, pemaparan materi menjadi lebih menarik dan lebih intraktif. Narasumber dengan sabar membimbing kami saat kami mencoba mempraktikkan beberapa cara penggunaan AI. Narasumber mengajarkan kami cara membuat cover menggunakan AI agar lebih menarik dan lebih menggambarkan isi buku.




Sebenarnya, ketertarikan saya untuk pertemuan ini muncul saat saya membaca flyer pertemuan ke-22 yang dibagikan Tim TSO pada whatsapp group kami. Dalam flyer tersebut tertulis sebagai berikut:

Pernahkah saat  menatap halaman depan buku, kita dibuat takjub dan terpesona. Seolah berjuta asa dan rasa terserap oleh keindahan cover. Sapuan latar belakang yang menggelitik hingga tergerak untuk mencari tahu apa isi di dalamnya. 

Imajinasi kita menari-nari, terbawa semakin kuat untuk menjelajahi lembar demi lembar isi buku tersebut.  

Melalui cover buku yang menarik, Pembaca semakin Penasaran

Cover buku adalah pintu gerbang pertama ke dunia cerita yang luar biasa. 
Dengan desain yang menarik, pembaca akan lebih tertarik untuk membuka buku dan memulai petualangan kisah yang tertuang.

Kita akan menjelajahi langkah-langkah kunci untuk menciptakan cover buku yang memikat dan dapat menarik perhatian pembaca.

Sebelum masuk pada pembahasan materi, berikut profil dari narasumber.


Saat narasumber memperkenalkan dirinya dan segudang prestasi membanggakan, beliau menyampaikan kalimat sangat yang sangat menarik, "Guru juara sejati adalah guru yang mampu menjadikan guru-guru lainnya menjadi juara."

Berikut adalah rekam prestasi dan dedikasi beliau di dunia pendidikan.



Narasumber membuka pertemuan dengan membagikan cerita pengalaman saat menerima seorang penulis yang meminta bantuan untuk membuatkan cover buku. Hal ini sering terjadi karena biasanya para penulis ini tidak diberi kesempatan untuk mendesain atau merequest cover bukunya sendiri sehingga mereka sering sekali kecewa dengan cover buku yang diberikan oleh para penerbit buku.

Narasumber mengatakan, Desain cover buku dapat menjadi daya Tarik sendiri bagi buku karya kita agar dapat diterima oleh para pembaca.

Desain grafis

Narasumber mengawali semuanya dari kesukaannya pada desain grafis. Beliau mengatakan, banyak tugas guru yang dapat terbantu apabila dapat menguasai disain grafis seperti yang dialami narasumber. Narasumber sangat menggemari desain grafis sejak duduk di sekolah dasar, kegemarannya yang terus diasah ini sangat membantunya saat menjalani tugasnya sebagai guru selama 15 tahun. 

Berikut adalah karya beliau sebelum ada AI yaitu karya yang dibuat menggunakan desain grafis menggunakan berbagai software atau aplikasi seperti photoshop atau software desain professional lainnya.


Kita harus bisa menguasai software olah grafis seperti beberapa contoh desain cover di atas.

Pada pertemuan ini kita mempelajari cara membuat ilustrasi untuk cover bab-bab yang akan kita buat di buku kita kelak atau membuat cover buku anak karya kita sendiri.


Membuat Cover Buku

Saat ini seiring perkembangan kemajuan teknologi, AI hadir untuk mempermudah pembuatan cover buku. Perkembangan AI pertengahan tahun ini, AI dapat membalas text yang kita kirimkan dengan video.

Berikut adalah cara membuat cover buku dengan menggunakan AI melalui aplikasi BING.

Kita tinggal memasukkan saja perintah promt, maka kita sudah bisa memperoleh tayangan gambar atau video yang kita inginkan. Yang saat ini akan kita buat adalah menggunakan text untuk dibalas AI dengan gambar, bukan text dibalas text (GPT).

Missal, masukkan text “bagaimana cara gajah mendapatkan rumput”

  • Ambillah buku yang sedang dalam proses pembuatan.
  • Buka aplikasi BING. Bing adalah aplikasi AI yang dikembangkan oleh Microsoft. Bing memungkinkan kita untuk membuat apapun termasuk salah satunya membuat ilustrasi desain grafis. Kita bisa menggunakan aplikasi microsof office 365 di laptop kita menggunakan email. Bing memiliki co-pilot untuk membantu. Bing bisa digunakan di smartphone dengan cara install dari Appstore (daftar di Bing Ai >>> www.bing.com >>> pilih Bing Chat, lalu daftar) atau bisa juga menggunakan www.freepik.com sama seperti BING AI tetapi berbahasa inggris.
  • Masuk ke copilot pilih designer
  • Lalu silahkan masukkan perintahnya sesuai gambar yang kita inginkan (prompt/kata kunci dari gambar yang kita inginkan)

Contoh :

“gambar karikatur realistic anak laki-laki usia 14 tahun memakai baju perang ala gladiator memiliki jubah panjangmembawa pedang menancap di tanahlatar belakang di planet merkurius terihat bulan di belakang anak tersebut ada Bintang bertebaran suasana malam hari
  • Kemudian klik krim

Jika warna kulit tidak sama, maka berarti kata kerja kita tidak lengkap. Kita tidak memasukkan warna kulit yang kita inginkan
  • Hasilnya seperti ini

Yang terpenting dalam pembuatan cover menggunakan AI ini syaratnya adalah berlatih kosa kata untuk membuat kata kunci atau prompt. Semakin spesifik lengkap dan jelas akan semakin baik. Apabila kita merasa tidak cocok, masih bisa direvisi. Amati hasil untuk dipilih mana yang lebih sempurna dan estetik.

Saat membuat gambar menggunakan AI ini, maka apakah lisensi gambar yg kita generate itu menjadi milik kita? Jawabannya adalah ya, karena kita telah dianggap sebagai kontributor gambar AI untuk dapat kita jual di berbagai aplikasi yang menerima gambar seperti “freepict

Semangat terus untuk berkarya, demikianlah pesan terakhir narasumber untuk mengakhiri pertemuan ini.

Narasumber menyampaikan materi yang sangat bermanfaat sekali. Jika dapat saya simpulkan saat ini penulis sudah sangat terbantu dengan majunya teknologi. Jika semua kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik, maka seharusnya tidak ada lagi kendala teknis yang akan menghambat para penulis untuk terus berkarya.

Demikian materi yang diberikan oleh narasumber pada pertemuan ke-22 ini. Semoga semua ilmu yang telah dibagikan cuma-cuma oleh beliau ini dapat menambah wawasan sebagai penulis pemula dan menggerakkan kita untuk mulai menulis. 

(Sumber: Materi Narasumber, Bapak Fajar Tri Laksono, M.Pd.  dalam Kelas Belajar Menulis KBMN PGRI Gelombang 31)


Terima kasih.

Nancy Olivia, M.Pd

2 komentar:

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

  Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...