Halaman

Minggu, 04 Agustus 2024

Resume-28 Blog Website untuk Kepenulisan dan Pembelajaran Guru (Senin, 29 Juli 2024-KBMN31)

 

Materi            : Blog Website untuk Kepenulisan dan Pembelajaran Bagi Seorang Guru

Narasumber   : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS., CPPS., C.Ed., MEP. (Mr. Bams)

Moderator     : Ahmad Sholeh, S.Pd., Gr.


Salam dan bahagia.

Pertemuan ke-28 ini dilaksanakan dalam ruang virtual Zoom, dengan dimoderatori oleh bapak Ahmad Sholeh, S.Pd., Gr. dan narasumber yaitu Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS., CPPS., C.Ed., MEP. yang akrab disapa Mr. Bams. 

Materi pertemuan ini sangat kontekstuan bagi kami yang berprofesi sebagai guru selain juga sebagai peserta kelas belajar menulis KBMN PGRI Gelombang 31. Saat ini kami para guru yang juga sebagai pembelajar sepanjang hayat harus mampu beradaptasi dengan era teknplogi digital di mana banyak sekali media tersedia dan siap untuk kita pelajari dan kita gunakan untuk mempermudah dalam pekerjaan kita atau dalam melakukan penulisan-penulisan lainnya.

Salah satu contoh media penulisan adalah Blog yang merupakan singkatan dari WeBlog adalah jenis situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman website. Blog Biasanya digunakan untuk menulis beragam tema, promosi, dsbnya.

Bisakah blog digunakan sebagai hal lain? Jawabnya BISA.
Kali ini narasumber membantu kita akan belajar memanfaatkan blog sebagai media penulisan dan  pembelajaran bagi seorang guru. 

Berikut adalah beberapa informasi yang didapatkan dari paparan narasumber dalam ruang virtual pada pertemuan ini.

Pemanfaatan Blog secara Umum

Umumnya fungsi blog yang kita ketahui adalah sebagai wadah bagi ide atau konten bagi para penulis blog. Bagi para penulis blog atau biasa kita sebut sebagai blogger, penulisan di blog sangat membantu dalam hal pendistribusian konten karena lebih efektif, cepat dan lebih mudah dibandingkan jika harus membagikan tulisan yang dicetak secara fisik. Blog merupakan opsi terbaik dalam dunia kepenuisan maupun jurnalistik.

Selain itu, blog tentu saja juga akan sangat bermanfaat bagi khalayak umum karena mereka bisa mendapatkan informasi yang jauh lebih mudah cepat dan murah dibandingkan harus mencari informasi dari buku. Dengan akses internet, kahlayak umum sudah dapat mengakses berbagai informasi dalam halaman-halaman blog.

Pemanfaatan Blog dalam Dunia Pendidikan

Namun sebenarnya, kegunaan utama blog adalah sebagai ruang komunitas bagi mereka yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama untuk saling membangun interaksi sosial dengan membuka ruang-ruang diskusi di dalamnya.

Saat ini pemanfaatan blog sudah mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat signifikan terutama bagi dunia pendidikan. Blog dapat difungsikan juga sebagai website yang semua tulisan didalamnya akan tersusun otomatis sesuai dengan kronologi waktu atau sesuai dengan garis lini masa penulisan. Namun walaupun fungsi utama adalah sebagai media penulisan, blog saat ini juga sudah dapat memuat gambar serta video-video yang disertakan para penulisnya.

Baik guru maupun para peserta didiknya atau bagi dosen maupun para mahasiswanya dapat memanfaatkan blog sebagai media penyampaian informasi atau media pembelajaran online yang memudahkan karena sifat penyampaian informasinya adalah merata bagi semua penggunanya.

Para peserta didik maupun mahasiswa dapat mengirimkan tugas-tugas kepada para guru atau dosen mereka dengan cepat, realtime dan di mana pun mereka berada. Bahan-bahan pembelajaran pun dapat mereka akses dengan mudah dan dapat dilakukan kapanpun mereka membutuhkannya. Sebagai sarana komunikasi, mereka dapat menggunakan melakukan chatting atau melalui emailPara peserta didik maupun mahasiswa pun dapat berbagi informasi dengan sesamanya tanpa terkendala apapun.

Di akhir materi, narasumber menutup dengan menyampaikan motivasi yaitu :Buatlah blog seperti rumah sendiri yang memberikan warna lain dalam kehidupan kita dan orang lain, khususnya murid kita. Kita dapat mencoba untuk melakukan atau boleh melakukan untuk mencoba". 

Demikian materi yang diberikan oleh narasumber pada pertemuan ke-28 ini. Semoga semua ilmu yang telah dibagikan cuma-cuma oleh beliau ini dapat menambah wawasan sebagai penulis pemula dan menggerakkan kita untuk mulai menulis. 

(Sumber: Materi Narasumber, bapak Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., CPS., CPPS., C.Ed., MEP. (Mr. Bams), dalam Kelas Belajar Menulis KBMN PGRI Gelombang 31

Terima kasih.

Nancy Olivia, M.Pd

2 komentar:

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

  Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...