Halaman

Rabu, 08 Mei 2024

Resume-6 Kelas Menulis KBMN PGRI Gelombang 31 (Rabu,8 Mei 2024)

 RESUME MATERI 6 

Oleh : Nancy Olivia, M.Pd








Materi            : MOTIVASI MENULIS & BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Narasumber   : Dail Ma'ruf, M.Pd..

Moderator     : Sim Chung Wei, SP.



Salam dan bahagia.

Sebenarnya sejak tahun 2007 saya sudah mulai membuat beberapa akun blog dengan niat hati ingin mencoba menulis apa yang ada di kepala, sekedar ingin beralih dari kesukaan menulis buku harian. Tetapi, setiap kali membuat akun blog, aktivitas saya selalu hanya sejauh mendesain tampilan blog. Hampir di setiap niat menulis blog muncul, hanya mendesain tampilan blog dan tanpa menulis apapun. Bulak-balik seperti itu di beberapa blog, alhasil bukan tulisan yang semakin banyak, melainkan daftar akun-akun blog yang semakin panjang namun tanpa isi. 

Materi malam ini menarik sekali karena membuat saya berharap akan mendapatkan tips-tips jitu dari narasumber yaitu Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. Tips tentang membangkitkan motivasi menulis dan bagaimana blog dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bukan sekedar sebagai salah satu media komunikasi melalui tulisan-tulisan semata. Bersama moderator kelas menulis malam ini,  Bapak Sim Chung Wei, SP. saya kembali diingatkan bahwa era saat ini adalah era teknologi komunikasi, di mana para peserta didik sangat bergantung dan menjadikan teknologi komunikasi menjadi salah satu kebutuhan utama mereka.

Saya teringat seorang psikolog anak pernah mengatakan bahwa untuk dapat menarik minat anak-anak, baik untuk mendengarkan atau untuk kita ajak melakukan sesuatu hal, maka kita perlu mempengaruhi dengan cara yang tepat. Cara yang tepat untuk dapat menarik anak dalam pengaruh kita adalah dengan memasuki dunia mereka. Saat ini teknologi adalah dunia mereka, bahkan kebutuhan mereka. Maka kita harus juga menguasai teknologi dan memanfaatkannya untuk dapat mempengaruhi mereka dalam hal positif dan menarik perhatian mereka.

Sebagai seorang guru SD, saya menyadari bahwa tidak akan efektif dan efisien mengajar peserta didik jika masih menggunakan cara-cara dan strategi-strategi lama. Saya harus memanfaatkan teknologi sebagai media ajar di kelas sehingga lebih menarik dan sesuai dengan dunia peserta didik saya. Dari sisi waktu, memanfaatkan teknologi juga dapat mempercepat kerja saya terkhusus dalam mendesain rencana pembelajaran dan media pembelajaran.

Sebelum masuk ke materi, berikut profil narasumber hebat yang memberi banyak pengetahuan dan informasi di kelas belajar menulis malam ini.

Dalam sapaan pembukanya, Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd mengatakan "Karena esok atau lusa kita akan kembali pada Sang Pencipta lalu hilang, bagi yang memiliki karya buku... meskipun telah tiada, maka karya bukunya akan tetap ada. Apalagi dibuat e-book dan di upload di website"

Seirama dengan yang disampaikan oleh Omjay di kata pengantar yang dituliskan beliau dalam buku karya Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. yang berjudul "Jurus Jitu menjadi Penulis Bermutu". Omjay menuliskan kutipan dari tulisan Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd "Dengan adanya tantangan untuk membuat tulisan, maka seorang penulis tentu membutuhkan bahan untuk tulisannya, sehingga ia akan terdorong untuk mengumpulkan informasi terkait apa yang akan ditulisnya. Saya membiasakan diri untuk menulis di alat rekam yang ajaib bernama BLOG."
 
Berikut link dari buku pertama beliau yaitu buku solo yang menjadi syarat bagi beliau untuk lulus KBMN angkatan 26 ;

Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. menyampaikan motivasi menulisnya yang membuat saya merenungkannya sejenak. Berikut yang disampaikannya:

Motivasi dalam Menulis
  1. Dengan menulis maka penulis mendapatkan mahkota dan bisa terkenal seperti Raja.
  2. Dengan menulis maka penulis dapat abadi meski jasadnya telah tiada kembali ke semula.
  3. Menulis merupakan cara untuk berbagi Ilmu kepada pembaca, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, sebagai investasi tak terbatas.
  4. Dengan menulis maka level penulis sudah menjadi ilmuwan dan dapat bergaul dengan semua kalangan.
  5. Dengan menulis akan tambah bahagia, bisa dapat rejeki tambahan dan berkah.
Beliau juga menyampaikan 5 poin penting Blog di era digital, sebagai berikut:
  1. Guru dapat memanfaatkan fitur-fitur laman blog untuk mengupload materi pelajaran maupun melakukan evaluasi belajar secara online.
  2. Blog sebagai media pembelajaran secara umum dapat diterapkan pada peserta didik di semua jenjang pendidikan.
  3. Peserta didik saat ini sudah terbiasa dengan website maupun mesin penelusuran google untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.
  4. Sebagian besar anak-anak dan remaja mengakses internet dengan menggunakan World Wide Web.
  5. Mereka memanfaatkan website, e-mail, mesin penelusuran google dan lainnya untuk mengakses banyak informasi, mengakses musik dan video, untuk berkomunikasi bahkan untuk bermain berbagai game online
Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa teknologi informasi digital dapat juga dimanfaatkan untuk mencari berbagai referensi literasi seperti sinopsis buku, jurnal ilmiah, berbagai ulasan di blog, hingga memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran yang akan sangat meringankan beban guru.

Blog yang pertama kali diperkenalkan oleh Jom Barger (desember 1998) dengan istilah Weblog memiliki 5 manfaat sebagai media pembelajaran, diantaranya:
  1. sebagai rumah belajar bagi guru
  2. meringankan beban tugas mengajar guru
  3. meningkatkan minat belajar murid
  4. mudah diakses oleh siapapun di berbagai belahan dunia
  5. sebagai media bersosialisasi dan berkomunikasi sesama blogger
Demikianlah beberapa hal penting yang disampaikan narasumber pada kesempatan ini.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi pada kesempatan ini adalah: 

Sebagai pembelajar sepanjang hayat, seorang guru harus terus meningkatkan kompetensinya dalam segala bidang terutama sekali dalam teknologi. Pendidikan dengan paradigma baru saat ini mengharuskan guru melakukan pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik  dan kreatif berinovasi merancang pembelajaran dan media ajar serta menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan belajar peserta didik yang beragam sebagai salah satu perwujudan MERDEKA BELAJAR dalam Kurikulum Merdeka.

Sebagaimana sudah saya sampaikan di awal tulisan ini, bahwa saat ini teknologi merupakan salah satu kebutuhan utama bagi peserta didik dan guru/pendidik.


"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri". - J.K. Rowling


Sama seperti harapan pada resume-resume saya sebelumnya. semoga tulisan resume ini juga dapat memberikan motivasi bagi para pembaca khususnya para penulis pemula seperti saya. 

Terima kasih.

Nancy Olivia, M.Pd

20 komentar:

  1. Balasan
    1. Waaah.... terima kasih Bunda Kanjeng... terharu saya, dapat komentar pertama dari Bunda... terima kasih sekali lagi ya, Bunda...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mauliate bu.... saya curi2 ilmu dari tulisan2 resume ibu... hehehe... terima kasih ya bu...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Wah bu luar biasa sekali..... semangat....


    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, darling... baca resume saya yang lainnya juga ya...

      Hapus
  5. Keren resumenya, bisa mulai disusun buat jadi naskah buku solo, semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, Pak... terima kasih untuk apresiasinya, Pak Sigid....

      Hapus
  6. Teruslah melangkah maju demi harapan yang diraih. Semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, bu... terima kasih sudah mengunjungi blog saya dan terima kasih sudah dimotivasi...

      Hapus
  7. Balasan
    1. Hehehe... terima kasih bu Cicih... resume ibu juga sangat luar biasa. Cium jauh buat bu Cicih.

      Hapus
  8. Terima kasih ibu... mohon masukannya terus ya, bu....

    BalasHapus
  9. Luar Biasa, Sangat Kerennn👍👍

    BalasHapus
  10. Selalu luar biasa ibu yang satu ini,hebat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Cicin sayang... Amin, semoga jadi nyata, ya bu...

      Hapus

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

  Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...