Halaman

Rabu, 12 Juni 2024

Resume-16 Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis (Rabu, 12 Juni 2024-KBMN31)

 


Materi            : LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Narasumber   : Yulius Roma Patandean, M.Pd.

Moderator     : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.


Salam dan bahagia.

Jika pada pertemuan sebelumnya KBMN PGRI ke-31 mengangkat materi "Konsep Buku Non Fiksi", pertemuan ini merupakan kelanjutan dari materi tersebut yaitu "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis". Masih saling berkaitan dan berkesimbungan. 

Bapak Yulius Roma Patandean, M.Pd sebagai narasumber pada pertemuan ini, membantu kita mengetahui, mengerti dan memahaminya. Karena pertemuan ini dilaksanakan melalui Zoom, maka kami mendapatkan kesempatan istimewa untuk menyaksikan beberapa tips yang didemonstrasikan secara langsung oleh beliau dan kami dapat melakukan tanya jawab secara interaktf. Bapak Yulius Roma Patandean, M.Pd  merupakan narasumber alumni KBMN PGRI Gelombang 9 dengan segudang jejak pengalaman, penghargaan, karya publikasi hingga sertifikasi. Narasumber hebat ini didampingi oleh moderator hebat pula yaitu ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd yang akrab dengan sapaan Ibu Sita.

Berikut beberapa intisari penting dan bermanfaat dari pemaparan materi narasumber.

Langkah menyusun buku:

  1. Bulatkan niat mulia untuk menulis buku.
  2. Mulailah menulis
  3. Jadilah editor pertama bagi tulisan kita sendiri
  4. Manfaatkan fitur-fitur pada aplikasi microsoft word
  5. Teruslah menulis 
Langkah menulis buku menggunakan aplikasi microsoft word

  • Klik ikon page layout dan pilih format kertas A5 untuk buku
  • Klik setting margin
  • Ketik isi halaman
    • Judul Buku
    • Kata Pengantar (awali dengan melakukan blok "kata pengantar", klik home dan jadikan heading 1. setting ukuran font (huruf) menjadi 14, dan klik pengaturan tata letak tulisan yaitu "Center/rata tengah"
    • Daftar isi (cara pengaturan sama seperti pada kata pengantar. Letakkan cursor di bawah daftar isi, klik references dan klik table of content) pilih style Automatic Table of Contents yang tersedia.
    • Bab 1 , 2 dan seterusnya merupakan sub judul dan sub-sub judul.  (cara pengaturan sama seperti pada kata pengantar namun untuk sub judul pilih heading 1 dan untuk sub sub judul pilih heading 3 dengan ukuran font 12 dan diblok hitam (bold) kemudian rata tengah)
    • Indeks (cara pengaturan sama seperti pada kata pengantar)
    • Daftar pustaka (klik references kemudian pilih bibliography)
    • Tentang penulis(cara pengaturan sama seperti pada kata pengantar)
    • Nomor halaman
Silahkan akses link berikut untuk lebih jelasnya.
- https://youtu.be/jXPr59aWJSc dan  - https://youtu.be/eePQwyHAcjw

Sedangkan untuk lebih jelasnya cara membuat indeks pada tulisan di buku, dapat mengakses link: - https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

  • Serahkan kepada editor profesional percetakan untuk lebih menyempurnakan hasil edit penulisan kita hingga penerbitannya 

Sebenarnya, langkah-langkah di atas merupakan proses edit yang dilakukan para editor profesional saat kita membawanya ke percetakan. Sehingga dengan melakukan langkah-langkah tersebut sendiri, kita telah mempercepat penerbitan buku karya kita dengan hasil yang lebih memuaskan. 

Kita dapat melakukan eksplorasi penggunaan ikon-ikon menu pada microsoft word untuk melatih pemanfaatannya.

Beberapa tips lainnya yang dibagikan narasumber adalah sebabgai berikut:

  • Untuk menambahkan table, gunakan insert table (Klik insert 👉 table 👉klik kanan pilih caption.
  • Gunakanlah gambar pribadi jika kita ingin menggunakan gambar pada tulisan kita agar luput dari pelanggaran hak cipta.
  • Jika kita sedang mengalami mentok ide, maka kita bisa mencoba cara mengambil kata kunci dari kalimat sebelumnya untuk dijadikan kata awal pada kalimat selanjutnya.
  • Untuk penomoran halaman secara otomatis, klik header n footer kemudian pilih page number.
Pada akhir pertemuan, narasumber berpesan agar jangan mundur ketika naskah kita dirasa tidak berkembang. Jika kita menundanya maka otomatis tulisan kita pun tertunda. Tulisan yang sudah kita mulai harus diselesaikan. 
Kita akan berhasil menyelesaikan tulisan dengan motivasi yang tulus  seperti motivasi "untuk menulis buku" karya sendiri bukan untuk mencapai sesuatu. Jika motivasi kita kurang, maka kemauan menulis pun akan hilang. Menuliskan sesuai emosi yang sedang kita rasakan, dan jika kita ingin berumur seperti bumi, maka menulislah. Abadikan jejak perjalanan hidup dan pemikiran kita melalui buku-buku karya kita sendiri dan bukan  hasil plagiat.

Demikian materi yang diberikan oleh narasumber pada pertemuan ke-16 ini. Semoga semua ilmu yang telah dibagikan cuma-cuma oleh beliau ini dapat menambah wawasan sebagai penulis pemula dan menggerakkan kita untuk mulai menulis. 

(Sumber : Materi Narasumber, Bapak Yulius Roma Patandean, M.Pd dalam Kelas Menulis KBMN PGRI Gelombang 31)


Terima kasih.

Nancy Olivia, M.Pd  



12 komentar:

Resume-30 Teknik Promosi Buku (Rabu, 7 Agustus 2024-KBMN31)

  Materi            : Teknik Promosi Buku Narasumber   : Akbar Zainudin, MM., MNE., M.Pd. Moderator     :  Dyah Kusumaningrum, ST. Salam dan...